Prodi MHU Gelar PBAK dan Launching lagu Hymne dan Mars

Kamis (01/09/2022), Prodi Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung gelar acara Perkenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang dilaksanakan secara offline di lantai 4 gedung FDK diikuti oleh 129 mahasiswa baru yang dinyatakan lulus dan melakukan registrasi serta daftar ulang dari total pendaftar ke prodi MHU tahun ini sebanyak 1571 orang.

Acara tersebut diawali dengan pengenalan prodi MHU yang dipandu oleh Putri Diesy,SE,Sy,ME, dilanjutkan dengan sosialisasi visi misi dan budaya akademik oleh Ketua Prodi MHU Dr.H.Asep Iwan Setiawan,M.Ag dan moderator Yuyun Yuningsih,S.Sos.I,M.Ag.

“Visi misi MHU adalah menjadi program studi yang unggul dan kompetitif di bidang manajemen haji dan umrah dalam bingkai dakwah Islam dan akhlaqul karimah di Asia Tenggara pada tahun 2025. Adapun misi nya adalah melakukan studi manajemen haji dan umrah, melakukan riset manajemen haji dan umrah, melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan membangun kerjasama kemitraan dan menyiapkan sumber daya da’i professional dan berakhlak mulia” jelas Asep Iwan.

Dalam penjelasannya Asep Iwan juga menjelaskan tentang Budaya akademik yang meliputi pembiasaan di dalam dan diluar kampus, etika mahasiswa, penjelasana sistem sks, sistem penilaian dan organisasi kemahasiswaan. Adapun penjelasan tentang administrasi perkuliahan dipaparkan oleh perwakilan dari Simdak FDK yaitu Abdul Yami,S.Sos. 

Ketua Prodi MHU Asep Iwan menjelaskan diakhir pemaparannya bahwa akan dilaksanakan acara MIQOT (Masa Invitasi Qualifikasi, Orientasi Terintegrasi) di Asrama Haji Bekasi. “Acara MIQOT yang akan digelar akhir Oktober wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa prodi MHU 3 angkatan, dari Angkatan pertama tahun 2020 sampai angkatan ke 3 tahun 2022” tegas Asep Iwan.

“PBAK adalah miqatnya mahasiswa MHU, hadirkan kebaikan dan kualitas diri yang dibingkai akhlak mulia sejak miqat ini, dan harus melek informasi atas berbagai perkembangan manajemen haji dan umrah baik di tanah air maupun di Arab Saudi” ungkap buya Abdul Mujib.

Selain acara tersebut dihadiri oleh Dr.KH.Abdul Mujib,M.Ag salah seorang dosen MHU, ketua labdak Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang sekaligus pembimbing haji dan umrah Qiblat tour, juga dihadiri oleh salah seorang dosen yang sekaligus sebagai owner Amira Tour Dr.KH.Ahmad Fuad,MSi. “Hanya ada 2 prodi di UIN yaitu Prodi MHU dan bukan Prodi MHU, bangunlah Prodi MHU yang bungsu saat ini karena merupakan prodi baru, menjadi MHU yang banyak dilirik karena kualitas mutu akademiknya yang baik” ungkap Ahmad Fuad.

Menjadi bagian dari acara tersebut adalah launching lagu Hymne MHU ciptaan Dr.H.Rohmanur Aziz,M.Ag Sekretaris Prodi MHU yang biasa dipanggil dengan sebutan Pa Ronaz dan launching lagu Mars MHU ciptaan Dr.H.Lilis Satriah,M.Pd dengan aransemen oleh H.Kahfi “Merinding mendengar lagu Hymne dan Mars MHU Ketika dinyanyikan, serasa berada di Mekkah dan menjawab pertanyaan kita tentang apa itu MHU” ungkap Duden Aiman Soleh salah satu dosen Prodi MHU.

Acara tersebut diisi oleh para petugas dari mahasiswa prodi MHU Angkatan 1 dan 2 baik yang bertindak sebagai MC, qori dan saritilawah Bahasa Inggris, Indonesia dan Sunda dan pembaca do’a.  Acara tersebut juga dimeriahkan oleh penampilan gambus dan MHU fashion week yang membuat suasana menjadi lebih berkesan. MHU fashion week meliputi baju ihram, baju batik jamaah Indonesia, baju petugas haji, baju uniform MHU, style baju kuliah dan baju futsal MHU. Suasanapun terlihat lebih heboh ketika ada game quizizz yang dipandu oleh Fathin Anjani Hilman,M.Pd dosen prodi MHU.

“Petugas haji dan ahli manajemen haji dan umrah lulusan prodi MHU nanti, akan menjadi para petugas dan ahli manajemen haji didikan bukan dadakan” ungkap Ronaz diakhir acara tersebut. (YY)


Dosen FDK UIN SGD Bandung Raih Sertifikat Keahlian Internasional

.

Bandung, Rabu, (10/02/2021) Rektor UIN SGD Bandung Prof.Dr.H.Mahmud, M.Si menyerahkan sertifikat keahlian kepada…

Mahasiswa MHU Ikuti Seminar Kepeloporan dan Kewirausahaan

.

Bandung,(21/07/22) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati  Bandung gelar Seminar Kepeloporan dan…

Ketua Prodi MHU menjadi Narasumber Kegiatan KIE Advokasi Haji

.

Rabu (30/06/2021), Pengurus Besar Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (PB FK APHI) bekerjasama dengan Kementerian…

11.337 Peserta Ikuti Ujian Mandiri UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2021

.

Bandung, 15/07/2021. Akibat pandemi Covid-19, sebanyak 11.337 peserta mengikuti ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)…

Kunjungan Hari Ini: 89
Kunjungan Kemarin: 232
Total Kunjungan: 3.232