LPM Gelar Bimtek Aplikasi AMI bagi Operator Prodi

Sabtu 09/10/2021, LPM Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi AMI (Audit Mutu Internal) melalui via zoom meeting. Peserta bimtek di hadiri oleh seluruh operator prodi.

Ketua LPM, Dr. H. Ija Suntana, M.Ag., menjelaskan, bimtek dikhususkan untuk para operator prodi  sebagai pembekalan untuk memudahkan dalam penggunaan aplikasi ini.

“Bimtek ini dilakukan sebagai wahadan latihan para operator prodi dalam pengoperasian aplikasi AMI untuk kepentingan Audit Mutu Internal dan keperluan akreditasi” ungkapnya.

Ketua LPM Dr. H. Ija Suntana, M.Ag., menguraikan secara rinci penggunaan aplikasi mulai cara mendaftar, login akun aplikasi AMI dan cara pengoperasiannya.

“Awal mendaftar akun tampilan akan muncul sebagai user dan kemudian nanti akan admin ganti menjadi auditi", paparnya.

Para auditi bisa melakukan pengajuan akreditasi di menu akreditasi dan melengkapi data dengan cara mengungguah dokumen-dokumen akreditasi sesuai standar 9 kriteraia BAN-PT.

Lebih lanjut Ketua LPM, Dr. H. Ija Suntana, M.Ag., yang menjelaskan “Jika akun yg di daftarkan sudah menjadi auditi para auditi bisa masuk ke menu akreditasi dan klik pengajuan akreditasi bagi prodi atau jurusan yang ingin mengajukan atau melakukan akreditasi”, jelasnya.

Aplikasi AMI dirancang sangat mudah sehingga para operator setiap prodi (auditi) semakin mudah dalam penggunaan aplikasi ini  agar mempermudah proses pengajuan dan pengungguah dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan standar dari BAN-PT.

Lebih lanjut, Ija menyampaikan “Setelah auditi melakukan pengajuan akreditasi oleh admin selaku auditor akan diperiksa kelengkapan dan setelah diperiksa auditor akan mengirimkan pesan melalui email yang didaftarkan menjadi akun AMI apa saja yang kurang atau yang perlu dilengkapi oleh prodi yang telah melakukan pengajuan akreditasi”, tegasnya.

Selain menu akreditasi ada juga menu Kerjasama untuk para prodi atau jurusan bisa menambahkan dengan siapa saja prodi melakukan kerjasama. Pada aplikasi AMI ini semua kelengkapan dan kebutuhan untuk akreditasi sudah tercantum sehingga memudahkan prodi yang ini melakukan pengajuan akreditasi.

Dr. H. Asep Iwan Setiawan, M.Ag., selaku ketua Prodi Manajemen Haji dan Umrah, sangat mengapresiasi kinerja LPM yang telah menyiapkan perangkat untuk menjamin keberlangsungan SPMI UIN Bandung, "Saya sangat bangga  dan berterima kasih kepada LPM, karena dengan adanya aplikasi AMI ini akan sangat membantu bagi kami sebagai pengelola prodi baru yang sedang menyiapkan akreditasi pertama", pungkasnya. 

Salah satu operator prodi, Rahmat Ridwan, S.Sos., mengungkapkan" Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan yang jelas sangat memberikan banyak manfaat buat UIN", jelasnya.

Harapan adanya aplikasi AMI ini dapat menjadi pusat data terpadu, hal ini akan sangat membantu para prodi yang akan melakukan reakreditasi. Dan salah satu perwujudan good governance dan pemenuhan lima pilar sistem tata pamong yakni kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab dan adil. (RR02)


Dosen MHU Raih Juara 1 MTQ V Korpri Tingkat Nasional di Kendari Sulawesi Tenggara

.

Jumat (10/01/2022) – di pelataran tugu MTQ Kota Kendari Sulawesi Tenggara, diumumkan kejuaraan MTQ V Korpri Tingkat…

UAS Online Perdana Prodi MHU

.

Senin, (25/01/2021) adalah hari dimulainya Ujian Akhir Semester Gasal 2020/2021 beradarkan Surat Keputusan Rektor…

Sejarah, Visi dan Misi Prodi Manajemen Haji dan Umrah

.


A. Visi

 

Menjadi Program Studi yang Maju, Agamis, Berdaya Saing, Ramah, Unggul,…

Gladi Jelang PBAK Universitas

.

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2020 akan dilaksanakan secara daring…

Kunjungan Hari Ini: 89
Kunjungan Kemarin: 232
Total Kunjungan: 3.232