Prodi MHU Gelar Pelatihan Virtual Menulis Akademik

Sabtu (02/10/2021), Prodi Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Pelatihan Virtual Menulis Akademik dalam media zoom meeting yang diikuti oleh hampir 150 partisipan yang berlangsung dari pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB.

Acara tersebut digagas oleh Sekretaris Prodi MHU Dr.H.Rohmanur Aziz,M.Ag dan dibuka langsung oleh Ketua Prodi MHU Dr.H.Asep Iwan Setiawan,M.Ag. Adapun narasumber pelatihan tersebut adalah Ridwan Rustandi,M.Sos salah satu Dosen muda berkualitas, sekretaris unit jurnal dan Penerbitan Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Ketua Prodi MHU, Dr.H.Asep Iwan Setiawan,M,Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan ini diadakan sebagai bagian dari upaya menumbuhkan kompetensi menulis di lingkungan mahasiswa yang menjadi hal penting bukan hanya dalam proses penulisan karya ilmiah dalam proses perkuliahan namun juga merupakan sebuah keahlian yang harus digali demi menebarkan kemanfaatan dalam hidup, karena menulis sejatinya adalah sebuat metode dakwah yang kaya akan nilai dan manfaat” jelasnya.

Pemberdayaan mahasiswa yang menjadi bagian dari strategi MHU dalam mencapai visi misinya salah satunya terlihat dalam acara ini. Prodi MHU memerankan mahasiswa didalamnya, selain mahasiswa menjadi peserta, juga menjadi mc, moderator, pembaca ayat suci al-qur’an dan terjemah. Semuanya mahasiswa prodi MHU yaitu Ghina Fitriyani sebagai MC, Tedi Taufik sebagai qori, Sipa Sopiatul Azizah dan Sibthi Naflia Alby Fathurrahman sebagai saritilawah bahasa Indonesia dan bahasa Sunda dan Hana Diviyah sebagai moderator.

Ridwan Rustandi, M,Sos dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa menulis itu harus dibiasakan, pembiasaan ini harus dimulai dengan Latihan dan harus didasari dengan wawasan “menulis itu output dan inputnya sebagai dasar adalah pembiasan membaca untuk kemudian menjadi wawasan luas sebagai bahan materi yang akan dituangkan dalam tulisan” ungkapnya.

“Rangkaian kegiatan penelitian yang kemudian menjadi sebuah tulisan meliputi 3 kegiatan yaitu perencanaan dan pengorganisasian, implementasi dan kesimpulan yang berprinsip pada ATM, Amati, Teliti dan Modifikasi. Ikuti aturan dan struktur penulisan karya ilmiah, dengan landasan teori dan metode ilmiah secara sistematis” tegasnya.

Dalam pemaparan materinya, Ridwan menjelaskan bukan hanya terkait struktur dan strategi penulisan namun juga mengingatkan terkait muatan isi tulisan dengan berorientasi akhirat “Karya tulisan kita hendaklah bukan hanya bermanfaat untuk kita di dunia tetapi juga akhirat, maka muatan isi tulisan harus memiliki nilai dan substansi yang baik dan benar” ungkapnya.  (YY)


Rapat Dosen MHU Upaya Membangun Kolaborasi Sinergi Dosen Demi Menciptakan Mutu Akademik Berkualitas

.

Selasa (02/03/2022), Prodi Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah dan Komunikasi menggelar rapat dosen secara online

Pembinaan Pegawai dan Lepas Sambut Tenaga Kependidikan Fakultas Dakwah dan Komunikasi

.

Rabu, (17/02/2021) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan pembinaan pegawai…

Prodi MHU Gelar Pertemuan Virtual di Akhir Tahun 2020

.

Senin, (28/12/2020) Program Studi Manajemen Haji dan Umrah menggelar pertemuan virtual melalui zoom meeting pada…

UAS Online Perdana Prodi MHU

.

Senin, (25/01/2021) adalah hari dimulainya Ujian Akhir Semester Gasal 2020/2021 beradarkan Surat Keputusan Rektor…

Kunjungan Hari Ini: 89
Kunjungan Kemarin: 232
Total Kunjungan: 3.232