Prodi MHU Selenggarakan Bimbingan Praktikum Ibadah dan Tilawah Secara Online

Senin (22/02/2021) Program Studi Manajemen Haji dan Umroh Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung telah melaksanakan Praktikum Ibadah dan Tilawah untuk Semester 1 dan 3. Praktikum dilaksanakan selama 12 kali pertemuan terhitung sejak 8 Februari s/d 22 Februari 2021.

Pada pelaksanaan praktikum tahun ini, Dekanat FDK menetapkan pelaksanaan praktikum online yang dilakukan dengan media beragam sesuai kesepakatan dosen dan mahasiswa.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung, Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag menyampaikan urgensi pelaksanaan praktikum ibadah dan tilawah di masa pandemi. Menurutnya, pelaksanaan praktikum sebagai salah satu cara untuk memastikan imunitas mahasiswa selama pandemi terutama dari sisi spiritualitas.

"Praktikum Ibadah dan Tilawah adalah fondasi untuk mahasiswa semester 1 dan 3 agar menguatkan diri dan mendekatkan diri kepada Allah Swt. Apalagi materi praktikum berorientasi pada pemahaman syariat Islam. Ini penting selama pandemi", ungkapnya.

Ahmad menambahkan bahwa secara teknis, praktikum dilaksanakan secara online dengan memperhatikan kesiapan mahasiswa dan dosen. "Untuk teknis dan pemilihan media diserahkan kepada kesepatan dosen dan mahasiswa dengan prinsip musyawarah dan efektif-efisien", tambahnya.

Ditemui terpisah, Ketua Prodi MHU, Dr. H. Asep Iwan Setiawan, M.Ag menyatakan kesiapan prodi MHU dalam melaksanakan praktikum angkatan pertama. "Ini angkatan pertama bagi Prodi MHU untuk melaksanakan praktikum. Mengingat bahwa baru tahun ini prodi MHU di buka dan praktikum penting sebagai orientasi dan kelengkapan administrasi prodi", ujarnya.

Selain itu, pelaksanaan praktikum di masa pandemi sebagai bukti konkrit pelayanan lembaga terhadap mahasiswa. "Tentu ini bagian dari ikhtiar dalam keterbatasan. Hikmahnya dalam kondisi apapun, lembaga siap memberikan pelayanan dan memastikan kebutuhan mahasiswa terpenuhi", katanya.

Salah seorang Dosen Pembimbing Praktikum, Ridwan Rustandi, M.Sos menambahkan bahwa teknis pelaksanaan praktikum dilakukan dengan prinsip musyawarah, keterbukaan dan efektif-efisien merujuk pada panduan penyelenggaraan praktikum dari fakultas. "Secara teknis saya merujuk pada panduan dari Fakultas. Kemudian dikoordinasikan dengan mahasiswa sesuai kesiapannya. Alhamdulillah berjalan lancar", ungkapnya.

Dalam pelaksanaan praktikum, Ridwan menyusun skema dan alur pelaksanaan untuk terlebih dahulu, dimana berisi tentang pemetaan metode, media dan materi praktikum. "Skema ini disusun untuk memetakan materi, metode dan penugasan serta pemilihan media. Media yang dipilih variatif, saya menggunakan whatapps group, telegram untuk presensi, google classroom untuk diskusi dan kanal Youtube untuk upload video penjelasan dan penugasan", ujarnya.

Sholeh, mahasiwa Prodi MHU menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasinya kepada Prodi dalam pemberian pelayanan kepada mahasiswa."Alhamdulillah praktikum berjalan lancar. Saya mewakili temen-temen satu kelompok mengucapkan terimakasih dan senang dengan metode dan media praktikum yang dipilih. Lebih vatiatif dan dirasakan berbeda dan efektif", ungkapnya.

Sholeh berharap semoga bisa sesegera bertatap muka di kampus. Agar proses perkuliahan dan praktikum semakin optimal."Tentunya beda antara online dan tidak. Kami rindu kampus, dan ingin merasakan perkuliahan secara tatap muka. Bertemu dosen dan sahabat", pungkasnya (RR01)


Kuliah Perdana di MHU Berjalan Lancar

.

Jum’at (02/10/2020) Prodi Manajemen Haji dan Umrah memulai perkuliahan perdana pada angkatan pertama sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan…

FDK Gelar Rapat Persiapan Perkuliahan Semester Genap 2020/2021

.

Senin, (22/02/2021) digelar rapat dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung secara virtual…

Pengabdian Kreatif Penuh Inspiratif Sekretaris Prodi MHU di Masyarakat

.

Selasa, (20/10/2020) Sekretaris Prodi Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati …

Konsinyering Penyempurnaan Kurikulum Prodi MHU

.

Senin (03/05/2021), diadakan konsinyering penyempurnaan kurikulum Program Studi Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Dakwah…

Kunjungan Hari Ini: 89
Kunjungan Kemarin: 232
Total Kunjungan: 3.232