UIN Aceh Study Banding Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji ke UIN Bandung

Minggu (27/01/2019), Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Aceh mengunjungi UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam pelaksanaan SPMH (Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji) yang berlangsung di Gedung Asrama Haji Embarkasi Bekasi.

Dalam kesempatan ini, delegasi UIN Ar-Raniry Aceh bermaksud study banding pelaksanaan SPMH yang dilakukan Kemenag RI bersama UIN SGD Bandung. Diterima oleh Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si didampingi Ketua Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung, H. Arif Rahman, S.Ag., M.Pd.

"Kedatangan kami kesini dalam rangka ingin melihat secara langsung bagaimana teknis pelaksanaan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji yang telah dan sedang dilaksanakan oleh FDK UIN Bandung", ujar Maimun, M.Ag selaku Sekretaris Prodi MD UIN Aceh.

Teknis pelaksanaan tersebut dari mulai persiapan administratif, modul pelaksanaan, proses evaluasi dan teknis lainnya.

"Yang ingin kita ketahui dari hulu ke hilir bagaimana prosea sertifikasi ini berlangsung. Dalam hal ini, kita (red: UIN Aceh) baru ditunjuk sebagai pelaksana SPMH maka mesti belajar dari UIN Bandung yang jauh lebih dulu melaksanakan", tambahnya.

Ketua Jurusan MD UIN Bandung, H. Arif Rahman, S.Ag., M.Pd menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap itikad Kanwil Kemenag RI Provinsi Aceh dan UIN Ar Raniry Aceh yang memiliki pandangan visioner dalam melaksanakan SPMH secara profesional.

"Tentu kita (red : UIN Bandung) sangat terbuka untuk membantu Kanwil Kemenag Aceh dan UIN Aceh agar dapat mensukseskan program pemerintah dalam melaksanakan SPMH ini. Sehingga, apapun yang telah dirumuskan dan dilaksanakan oleh FDK UIN Bandung akan kita share agar jadi masukan dan acuan pelaksanaan di Aceh", ungkapnya di sela menerima delegasi UIN Aceh.

Sebagai institusi pendidikan tinggi yang ditunjuk oleh Kemenag RI menjadi penyelenggara SPMH harus terus melakukan koordinasi dalam proses perbaikan dan profesionalitas penyelenggaraan.

"Tentu kita harus menyamakan visi dan orientasi penyelenggaraan SPMH dengan semua stakeholders agar kebutuhan pembimbing haji bersertifikat dapat terpenuhi dan yang lebih penting kepuasaan jamaah dapat meningkat", tandasnya (RR02).


Sejarah, Visi dan Misi Prodi Manajemen Haji dan Umrah

.


A. Visi

 

Menjadi Program Studi yang Maju, Agamis, Berdaya Saing, Ramah, Unggul,…

Rektor; Penguatan Wahyu Memandu Ilmu dan Moderasi Beragama Bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Demi Kampus Lebih Maju dan Unggul

.

Rabu, (23/12/2020) Konsorsium Keilmuan UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan acara penguatan wahyu memandu ilmu…

LPM Gelar Bimtek Aplikasi AMI bagi Operator Prodi

.

Sabtu 09/10/2021, LPM Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung…

Prodi Manajemen Haji Dan Umrah Menyelenggarakan FGD Bersama Bank Jabar Banten Syariah (BJBS) Tentang Edukasi Tabungan Haji Bersama

.

Senin, 07/12/21. Prodi manajemen haji dan umrah bekerjasama dengan BJBS ( Bank Jabar Banten Syariah) tentang Edukasi…

Kunjungan Hari Ini: 89
Kunjungan Kemarin: 232
Total Kunjungan: 3.232